Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | JAPAN

Tuesday, October 08, 2013 16:22 WIB

60% Komponen Mobil Murah Masih Masih Impor, Ini Kata Kemenperin

Sekitar 60% komponen produk mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) di Indonesia masih diimpor. Apa tanggapan Kementerian Perindustrian soal kondisi ini?

Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kemenperin Budi Darmadi mengatakan, tidak ada negara yang memproduksi mobil dan 100% komponennya buatan dalam negeri.

"Nggak ada, nggak ada negara yang produksi mobil komponennya 100% buatan dari dalam negeri," ujar Budi, ketika dihubungi, Selasa (8/10/2013).

Budi mengungkapkan, Thailand, Jepang, serta Amerika Serikat yang merupakan produsen mobil sudah lama sekali komponen lokalnya hanya 80%.

"Jepang itu sebagian komponennya impor dari Thailand, Thailand juga sebaliknya, velg mobil Jepang saja ambilnya di tempat kita (Indonesia)," ucapnya.

Budi juga mengatakan, saat ini, produksi mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Indonesia sudah menggubnakan komponen lokal hingga mencapai 80%.

"Kalau di Indonesia, Avanza dan Xenia itu sudah 80% lebih komponen lokalnya, kalau mobil LCGC yang sekarang start awalnya sudah 40% lebih," katanya.



Sumber: detikcom

RELATED NEWS

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]